Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Ampuh Mengatasi Auto Visitor (Jingling) Pada Blog

Cara Mengatasi Jingling di Blog

Pandroid - Berbicara mengenai auto visitor pastinya tidak pernah bosan dengan yang namanya Jingling yang awalnya jingling ini digunakan oleh pakar SEO maupun para Experiment blog untuk meningkatkan rangking blog pada rank Alexa agar posisi rank pada blog mereka dapat meningkat dengan cepat, tetapi berjalannya waktu banyak para jahilian menyalahgunakan script jingling ini untuk menjatuhkan blog orang lain atau menurunkan performa blog orang lain di halaman Google.


Hal tersebut dapat kita simpulkan bahwasannya serangan bertubi-tubi dari jingling ini akan berdapampak negatif pada suatu situs terlebih lagi bagi kamu yang baru bergabung dalam dunia blog ataupun web. Bagi kamu yang mengalami hal tersebut, kamu jangan khawatir disini saya akan membahas beberapa informasi tentang bagaimana cara mengatasi permasalahan jingling paling ampuh dan pastinya bermanfaat untuk blog kamu. Tetapi sebelum kita memasuki tutorial cara memblokir jingling disini saya akan berbagi informasi mengenai apa itu jingling dan informasi lainnya yang berhubungan dengan jingling.

Apa Itu Jingling ?


Jingling adalah sebuah Tools ataupun script Software auto visitor yang berfungsi untuk meningkatkan traffic pengunjung didalam suatu situs. Jingling hanya akan menaikkan traffic website dan meningkatkan rangking suatu situs yang hanya bersifat sementara namun memiliki dampak negatif yang cukup besar bagi suatu situs. Google nantinya akan menganggap spam blog yang memiliki lalu lintas yang tidak wajar dalam satu waktu yang begitu singkat terlebih lagi sumber lalu lintas tersebut berasal dari satu IP yang sama.

Oleh karena itu kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan ini segera mungkin agar blog kamu tidak berdampak buruk di halaman Google maupun mesih pencarian lainnya. Auto Visitor atau biasa disebut dengan Jingling ini sangat berperan aktif untuk menurunkan performa suatu situs karena pada dasarnya software yang satu ini hanya sebuah robot otomatis yang mengirimkan visitor dalam satu waktu secara bersamaan.

Dampak Negatif dari Jingling


Beberapa orang pastinya beranggapan bahwasannya jingling hanya sebuah visitor bot yang tidak berdampak apa-apa, tapi asalkan kamu tahu bahwasannya jingling ini memiliki beberapa dampak negatif dalam sebuah situs loh, antara lain :
  1. Artikel mudah terkena deindex Google
  2. Situs bisa terkena Pinalty dari Google
  3. Rangking alexa membengkak naik
  4. Merasa Frustasi karena pengunjung hanya bot View
  5. Kebahagiaan hanya sesaat
  6. dan Lainnya

Seperti yang kamu lihat diatas merupakan beberapa dampak negatif dari kegiatan jingling, oleh sebab itu banyak sekali orang tidak bertanggung jawab melakukan kejahatan seperti menjingling situs orang lain maupun menghancurkan situs pesaingnya agar performa blog tersebut menurun. Namun kamu jangan risau, disini saya akan membantu kamu untuk membantu dan mengatasi permasalahan tersebut agar situs kamu kembali lagi normal seperti sedia kala.

2 Cara Ampuh Mengatasi Auto Visitor (Jingling) Pada Blog


Disini saya akan memberikan 2 tutorial yang ampuh untuk mengatasi serangan dari Auto Visitor atau biasa disebut dengan Jingling dengan menggunakan bantuan Cloudflare, selengkapnya kamu bisa lihat di informasi tentang Cloudflare di artikel berikut ini.

Tutorial Mengatasi Jingling Menggunakan Cloudflare


Cloudflare merupakan sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki beberapa fitur yang baik dan menarik dari standart CDN yang ditawarkan. Cloudflare ini juga berada diantara nama domain dan web hosting yang memiliki kemampuan untuk memblockir dan mem-filter traffic dengan bantuan keamanan tambahan dari serangan DDoS, bukan hanya itu saja cloudflare juga bisa untuk mempercepat akses pada suatu situs karena terdapat minify CSS, HTML dan Javascript.

Kita nantinya akan memanfaatkan fitur dari Cloudflare yang bernama Firewall untuk memblokir serangan dari auto visitor, lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut? silahkan kamu simak tutorial dibawah ini dengan seksama.
  1. Silahkan kamu masuk ke halaman situs dari Cloudflare.


  2. Selanjutnya kamu buat terlebih dahulu akun Cloudflare kamu.
  3. Sambungkan domain situs kamu ke akun Cloudflare yang sudah kamu buat tadi, untuk bagian  DNS dan Nameserver kamu bisa melihat referensi dari situs lain.
  4. Langkah selanjutnya, apabila kamu sudah menyambung domain kamu ke situs Cloudflare silahkan kamu masuk ke halaman dashboard pada Cloudflare seperti gambar dibawah ini.


  5. Kemudian silahkan kamu pergi ke menu Firewall > Pilih Firewall Rules > Create a Firewall rule contohnya kamu bisa lihat seperti gambar dibawah ini.


  6. Seperti yang kamu lihat pada gambar dibawah ini nantinya kamu akan diberi beberapa form yang harus kamu isi sesuai dengan permasalahan pada blog kamu. Disini saya contohkan seperti blog saya yang terkena jingling ratusan ribu dengan format "Blog K*ntol" untuk format pengisiannya seperti dibawah ini.


    Rule name : Silahkan kamu isi sesuai dengan selera.
    Field : Berdasarkan dari mana? Negara, Hostname, Cookie, IP Address atau referer dan lainnya.
    Operator : Sesuaikan dengan jingling kamu masing-masing karena jingling saya begitu-begitu saja saya pilih "Contains".
    Value : Kamu isi sesuai dengan nama jingling yang terkirim
    Then : Untuk aksinya silahkan kamu pilih block karena kita akan memblock visitor tersebut.

  7. Setelah semua selesai disetting silahkan klik Deploy untuk melakukan aksinya.
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses berjalan dan silahkan kamu lihat statistik pada blog kamu berhenti dan proses pemblockiran pun berjalan seperti gambar dibawah ini.


  9. Pada bagian Activity last 24hr itu merupakan jumlah aktivitas jingling yang sudah terkirim ke blog kamu.

Tutorial Mengatasi Jingling Menggunakan Pemblokiran Robot.txt


Cara kedua ini adalah kita melakukan pemblokiran dengan menggunakan bantuan fitur Robot.txt, dimana fitur ini merupakan fitur yang sangat berguna untuk melakukan pemblokiran lalu lintas yang tidak wajar. Oleh sebab itu saya juga merekomendasikan cara ini untuk mengatasi serangan dari auto visitor.
  1. Silahkan kamu login dan masuk ke halaman dashboard blogger.
  2. Pilih menu Setelan > Crawler dan pengindeksan > dan aktifkan Robot.txt Kustom > silahkan klik Robot.txt Kustom.


  3. Selanjutnya paste kode dibawah ini tepat pada kotak robot.txt.

    User-agent: Mediapartners-Google
    Disallow:
    
    User-agent: Googlebot
    Allow: /
    
    Disallow: /search
    User-agent: *
    Disallow: /
    
    Sitemap: https://www.panduandroid.com/sitemap.xml

  4. Silahkan ganti link blog (PanduanDroid) tersebut dengan link blog kamu masing-masing.

Cara ini bertujuan agar Google hanya boleh merayapi di situs kamu dengan menggunakan robot dari pihak Google, sementara visitor yang bukan datang dari Google (Non-organik) akan diasingkan jumlah viewnya atau akan di blockir visitornya.

Berikut ini adalah bukti bahwasannya tutorial yang saya berikan ini benar-benar ampuh untuk mengatasi permasalahan Jingling dan sebagainya, kamu bisa lihat gambar dibawah ini dengan seksama.

Sebelum


Sesudah


Penutup


Itulah beberapa tutorial yang bisa saya sharing kepada teman-teman sekalian tentang 2 Cara Ampuh Mengatasi Auto Visitor (Jingling) Pada Blog yang bisa kamu terapkan sendiri di situs blog kamu atau situs lainnya. Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini apabila kamu memiliki kendala atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.

Admin
Admin Hi, I'm Ahmad. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.

8 comments for "2 Cara Ampuh Mengatasi Auto Visitor (Jingling) Pada Blog"

  1. Replies
    1. Alhamdulillah pak investasi masa depan pak sebagai sampingan hehehe terima kasih sudah berkunjung di blog kecil ini.

      Delete
  2. Terima kasih artikel nya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah siap bang sama-sama, terima kasih sudah berkunjung dan berkenan memberikan ulasan positifnya.

      Delete
  3. Punya saya kok masih saja ya gan... Padahal sudah pakai cara ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek lagi mas pada bagian CF nya kemungkinan DNS domain masnya belum di ubah menjadi protect domain.

      Delete
  4. Sangat bermanfaat Gan, sukses selalu^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah siap bang sama-sama, sukses juga selalu buat abangnya dan terima kasih sudah berkunjung dan juga berkenan memberikan ulasan positifnya.

      Delete