Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan Windows Defender di Semua Versi Windows

Cara Mematikan Windows Defender

Pandroid - Keamanan dalam sistem merupakan suatu hal yang harus di utamakan dalam mengamankan suatu produk contohnya disini kita berbicara tentang Windows yang merupakan produk yang dikembangkan oleh Microsoft. Nah, salah satu fitur yang disediakan oleh pihak Microsoft untuk mengamankan Windows tersebut adalah dengan adanya fitur Windows Defender yang merupakan program keamanan untuk mengatasi beberapa masalah malware maupun sejenisnya. Meskipun fitur ini dibilang cukup baik dan handal dalam mengoprasikannya, pastinya ada situasi dimana fitur yang satu ini harus di nonaktifkan baik secara permanent maupun sementara waktu.


Meskipun fitur ini dibilang cukup baik dan handal dalam mengoprasikannya, pastinya ada situasi dimana fitur yang satu ini harus di nonaktifkan baik secara permanent maupun sementara waktu. Kita contohkan disini ketika kamu ingin melakukan tugas dan diharuskan untuk menonaktifkan fitur ini didalam perangkat kamu ataupun kamu juga harus mengikuti kebijakan menonaktifkan fitur Windows Defender untuk masalah keamanan dalam organisasi atau pekerjaanmu. Bicara mengenai Windows Defender disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu Windows Defender beserta informasi lainnya yang bisa kamu simak informasi dibawah ini.

Apa Itu Windows Defender ?


Windows Defender adalah sebuah fitur antivirus yang dikembangkan oleh pihak Microsoft untuk menjaga dan melindungi perangkat dari serangan virus dan lainnya. Windows Defender ini juga terintegrasi dengan optimal dengan OS oleh karena itu kamu tidak perlu khawatir apabila antivirus yang satu ini tidak kompetibel dengan versi laptop yang kamu miliki.

Perlu kamu ketahui bahwasannya fitur Windows Defender ini tidak bisa kita hapus, Kenapa demikian? karena fitur ini sudah melekat atau biasa kita sebut dengan Bawaan Pabrik yang tidak bisa dihapus. Jadi yang bisa kita lakukan saat ini hanyalah menonaktifkannya baik sementara maupun secara permanent. Lalu bagaimana cara menonaktifkan fitur tersebut? Nah untuk menonaktifkan fitur Windows Defender, kita tidak memerlukan yang namanya Aplikasi pihak ketika. Karena Windows sudah menyediakan fitur untuk menonaktifkan Windows Defender tersebut.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Sementara


Pada dasarnya sebelum kamu menonaktifkan fitur antivirus bawaan pabrik ini, apabila kamu menonaktifkannya hanya untuk melakukan sebuah tugas tertentu, saya sarankan untuk tidak perlu menonaktifkan Windows Defender secara permanent. Kamu hanya perlu menonaktifkan fitur tersebut sementara waktu saja dan untuk tutorialnya silahkan kamu simak dibawah ini.

Tutorial Menonaktifkan Windows Defender Menggunakan Windows Security


  1. Silahkan buka menu Start pada perangkatmu.
  2. Cari pada menu pencarian Windows Security dan Buka.
  3. Klik pada bagian "Virus & thread protection" setelah itu klik Manage setting.


  4. Untuk melakukan penonaktifan Windows Defender sementara kamu bisa mengklik "Real-time protection" menjadi off seperti gambar dibawah ini.


  5. Nantinya akan ada notifikasi peringatan silahkan kamu klik Yes dan Selesai.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah diatas, Antivirus secara otomatis akan menonaktifkan real-time protection yang memungkinkan bagi kamu untuk menginstall aplikasi atau file maupun perubahan pada sistem spesifik yang tidak bisa kamu lakukan sebelumnya karena fitur dari Windows Defender memblokir tindakanmu.

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan kembali kami bisa mengklik pada toggle rela-time protection menjadi on dan restart kembali komputer kamu atau kamu bisa melihat tutorial pada langkah ke-5, tutorial ini tentunya bukan solusi untuk kamu yang ingin menonaktifkan secara permanent.

Tutorial Menonaktifkan Windows Defender Menggunakan Group Policy


Apabila kamu pengguna Windows 10 Pro silahkan kamu ikuti tutorial dibawah ini karena tutorial dibawah ini diperuntukan bagi kamu pengguna Windows versi tersebut. Kamu bisa memanfaatkan Editor Group Policy untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanent.

Namun, sebelum kamu menonaktifkannya hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah menonaktifkan Tamper Protections untuk menonaktifkannya. Apabila tidak, maka fitur keamanan tersebut akan memulai kembali secara otomatis selama reboot selanjutnya.
  1. Silahkan buka menu Start pada perangkatmu.
  2. Cari pada menu pencarian Windows Security dan Buka.
  3. Klik pada bagian "Virus & thread protection" setelah itu klik Manage setting.


  4. Silahkan kamu Nonaktifkan Temper dan tunggu hingga notifikasi peringatan muncul dan klik Yes dan Selesai.


  5. Alhasil Windows Defender pada Windows 10 Pro kamu sudah di nonaktifkan. 

Setelah kamu melakukan langkah diatas sekarang kamu bisa melanjutkan ke tutorial selanjutnya untuk menonaktifkan fitur Windows Defender secara permanent melalui fitur Group Policy.

Cara Menonaktifkan Windows Defender Permanent


Untuk melakukan penonaktifan secara Permanent disini kita membutuhkan bantuan dari fitur tambahan seperti Group Policy untuk melakukan aktivitas penonaktifan secara Permanent dan untuk tutorialnya silahkan kamu simak dibawah ini.
  1. Silahkan buka menu Start pada perangkatmu.
  2. Pilih gpedit.msc setelah itu pilih Local Group Policy Editor.
  3. Setelah itu pilih Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus dan Double klik pada Turn off Windows Defender Antivirus.


  4. Pilih Enable untuk menonaktifkan secara Permanent.


  5. Pada bagian bawah klik Apply dan Ok.
  6. Setelah tutorial diatas sudah kamu lakukan silahkan kamu restart komputer kamu dan Selesai.

Apabila kamu ingin mengembalikan perubahan dan mengaktifkan kembali fitur Windows Defender kamu bisa kembali pada langkah sebelumnya, tetapi pada langkah ke-4, pastikan kamu memilih pada opsi Not Configured dan restart komputer kamu untuk menerapkan perubahan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan kembali pada bagian Temper Protections dengan cara mengklik pada bagian toggle sampai fitur tersebut menyatakan ON.

Tutorial Menonaktifkan Windows Defender Menggunakan Registry Editor


Selain tutorial diatas kamu bisa melakukan tutorial alternatif ini untuk melakukan penonaktifan Windows Defender dengan menggunakan Registry yang merupakan pusat pada database OS Windows. Hampir seluruh fitur yang berada di OS terletak dibagian Registy ini termasuk juga dengan Windows Defender. Silahkan kamu simak tutorial dibawah ini dengan seksama dan pastikan langkah yang kamu lakukan sesuai dengan apa yang diperintahkan.
  1. Langkah pertama, tekan Windows + R untuk membuka fitur RUN dan ketikkan regedit.


  2. Selanjutnya pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender.
  3. Kemudian klik kanan pada folder Windows Defender > New > DWORD (32-bit) value.


  4. Silahkan kamu kasih nama dengan DisableAntiSpyware lalu tekan Enter.
  5. Double klik pada DWORD (DisableAntiSpyware) yang baru saja kamu buat, lalu ubah value data dari 0 menjadi 1 lalu klik Ok dan Selesai.


  6. Setelah kamu ikuti tutorial diatas silahkan kamu restart perangkat kamu untuk melihat perubahan yang terjadi.

Apabila kamu ingin mengembalikan perubahan dan mengaktifkan kembali fitur Windows Defender kamu bisa menggunakan tutorial yang sama tetapi pada langkah ke-5 klik kanan tombol DisableAntiSpyware dan pilih opsi Delete.

Kelebihan Antivirus Windows Defender


Pastinya sebuah fitur memiliki beberapa kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bagi kamu yang ingin penasaran tentang keunggulan dari Windows Defender bawaan pabrik dari Windows ini, silahkan kamu baca beberapa kelebihan atau keunggulan diantaranya.

1. Selalu Aktif Memberikan Peringatan


Keunggulan yang paling mencolok disini adalah Windows Defender selalu aktif memberikan pemberitahuan dan peringatan. Contohnya ketika kamu memasukkan Flashdisk ataupun membuka situs yang dicurigai berbahaya oleh Windows Defender, maka secara otomatis akan memberikan peringatan berbahaya bahwasannya telah ditemukan virus dan malware didalam flashdisk atau situs tersebut yang bisa mengakibatkan sistem komputer kamu rusak.

2. Membersihkan Virus secara Maksimal


Selain keunggulan dalam memberikan peringatan Antivirus Windows Defender juga aktif dalam membersihkan virus yang berada didalam perangkat kamu secara menyeluruh dan kinerja yang diberikan pun maksimal. Apabila dibandikan dengan antivirus lainnya Windows Defender ini yang paling aktif dalam mengeksekusi file yang berisikan virus, sehingga file tersebut akan tetap aman dari virus dan malware lainnya.

3. Restart Ketika Menemukan Virus Bahaya


Keunggulan yang selanjutnya disini ialah ketika Windows Defender menemukan sebuah virus maupun malware berbahaya didalam perangkat kamu maka pastinya defender akan langsung membersihkan virus tersebut. Tetapi ketika virus yang menyerang sangat ganas maka dalam keadaan ini Windows Defender akan melakukan restart paksa pada Perangkat kamu agar virus tersebut menghilang.

Kekurangan Antivirus Windows Defender


Dibalik sebuah kelebihan pastinya terdapat kekurangan dari Windows Defender yang wajib untuk kamu ketahui apabila kamu penggunanya. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Windows Defender, antara lain :

1. Tidak Terlalu Teliti


Kekurangan yang pertama disini adalah ketika mau menggunakan Scan di Windows Defender mereka menyediakan 2 pilihan yaitu Quick dan Full. Quick scan adalah scanning secara cepat tetapi proses ini akan membutuhkan kinerja yang berat didalam sistem tersebut sedangkan Full scan ialah proses scanning penuh pada sistem yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan kadang terdapat virus kecil yang terlewatkan.

2. Kinerja Komputer Menurun


Ketika kamu menginstall antivirus tambahan pastinya membutuhkan kapasitas RAM apalagi antivirus yang dipasang lebih dari satu. Sudah pasti akan menurunkan kinerja dari komputer tersebut karena kedua aplikasi berjalan dengan sama yang mengakibatkan performa dari komputer menjadi menurun oleh sebab itu saya sarankan untuk memakai satu antivirus saja yakni Windows Defender.

Saya sarankan bagi kamu untuk tidak perlu lagi memasang aplikasi pihak ketiga Antivirus cukup menggunakan Windows Defender untuk melindungi perangkat kamu dari serangan Virus maupun Malware lainnya.

Penutup


Seperti itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam fitur Windows Defender dan semoga pemahaman yang saya bagikan ini tentang Cara Menonaktifkan Windows Defender di Semua Versi Windows bermanfaat buat teman-teman sekalian dan Apabila kamu memiliki masalah seputar artikel diatas jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar dibawah artikel ini sekian dan Terima kasih.
Admin
Admin Hi, I'm Ahmad. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.

2 comments for "Cara Menonaktifkan Windows Defender di Semua Versi Windows"

  1. Allhamdulillah tutorial nya berhasil. Terimakasih min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sama-sama mas semoga artikel tersebut bermanfaat buat mas dan yang lain, terima kasih juga sudah berkunjung di blog kecil ini.

      Delete