Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Lengkap Cara Daftar Google News Terbaru

Cara Daftar Google News Dengan Mudah

Pandroid - Perkembangan dunia internet saat ini semakin hari semakin pesat, mulai dari kebutuhan pengguna maupun beragam informasi, berita dan lainnya. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut pastinya kamu membutuhkan sebuah layanan dan dimana layanan tersebut menyediakan berita yang aktual, tajam dan pastinya terpercaya. Oleh sebab itu pihak Google menyediakan sebuah discover ataupun Google News untuk memenuhi kebutuhan seseorang.


Sesuai dengan judul artikel kali ini, disini saya akan memberikan kamu tutorial tentang bagaimana cara daftar blog ke Google news tetapi sebelum kita memasuki tutorialnya disini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai Google News beserta manfaatnya yang bisa kamu simak dan kamu telaah dibawah ini untuk meningkat visitor organik blog kamu.

Apa Itu Google News ?


Google News adalah Sebuah layanan Google yang menyediakan beberapa informasi mengenai konten news (berita) terbaru maupun konten populer lainnya di seluruh belahan dunia termaksud Indonesia yang bisa dinikmati secara gratis melalui aplikasi Google news ataupun Discover Google. Kamu bisa mencari dan mendapatkan sebuah berita beserta informasi update lainnya melalui mesin pencari Google News. Awal terbentuknya layanan Google News ini hanya tersedia dalam beberapa bahasa yaitu bahasa inggris, tetapi dengan perkembangan zaman sekarang sudah support dengan bahasa indonesia.

Bisa terdaftar di layanan Google News ini merupakan salah satu misi/impian bagi setiap para blogger, karena dengan blog kita masuk ke halaman Google News dan masuk ke halaman discover News, membuat blog kita mendapatkan traffic yang meningkat oleh sebab itu Google News ini merupakan salah satu kesempatan kita untuk mendapatkan traffic yang berkali-kali lipat.

Kelebihan Daftar Google News


Banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika kamu sudah berhasil mendaftar ke layanan Google News, terlebih lagi bagi kita seorang pemilik blog yang sudah bisa terdaftar ke layanan Google News. Dalam mesin pencarian Google, setiap situs berita akan mendapatkan tempat khusus bagi mereka dan lebih diperioritaskan pencariannya dari pada situs-situs dengan niche yang lain.

Karena Google News ini hanya berpatok pada kategori news oleh sebab itu mereka lebih di prioritaskan daripada kita dengan kategori konten yang berpatok pada satu jenis. Lalu apa saja sih kelebihan yang bisa kita dapatkan ketika kita sudah berhasil mendaftarkan blog kita ke layanan Google News? Silahkan kamu simak informasi dibawah ini dengan seksama.

1. Mudah Terindex di Pencarian Google


Ketika kamu membuat sebuah konten baru indeks yang terjadi pada konten tersebut akan menjadi sangat cepat, hal itu dikarekan Google bersifat online memberikan beberapa informasi secara cepat. Pengalaman saya dengan blog pandroid ini adalah ketika saya membuat sebuah konten lalu saya publikasikan konten tersebut, hanya dalam kurung waktu beberapa detik saja artikel saya sudah muncul di halaman pencarian Google dan pernah salah satu artikel memasuki halaman pertama di pencarian.

Itu terjadi akibat Google News membantu pengindexan blog kamu di mesin pencarian Google, oleh karena itu pengindexan artikel kamu menjadi lebih cepat dari pada sebelumnya. Lalu bagaimana agar bisa muncul dihalaman Google News? Untuk muncul di halaman pencarian Google News atau biasa disebut dengan Discover, kamu membutuhkan sebuah konten yang memiliki kualitas yang baik untuk bisa masuk halaman News tersebut.

2. Jumlah Traffic Organik Meningkat


Ketika sebuah konten terindex dihalaman pencarian Google akan semakin mudah juga untuk mencari konten tersebut dan juga akan semakin meningkat pengunjung organik kamu. Ingat!! Google hanya akan lebih memprioritaskan hasil pecarian yang masuk secara organik dari pencarian google.organik kamu. Ingat!! Google hanya akan lebih memprioritaskan hasil pecarian yang masuk secara organik dari pencarian Google.

Apabila terdapat salah satu konten kamu yang masuk ke halaman discover Google News nantinya kamu akan mendapatkan sebuah kesempatan mendapatkan traffic organik yang sangat tajam. Kabar-kabarnya terdapat kabar bahwa pembaca dari Google News ini berjuta kali lipat perharinya oleh sebab itu bagi kamu yang masuk kehalaman discover nantinya akan kebanjiran visitor lohh.

3. Meningkatkan Pendapatan Adsense


Seperti yang kita ketahui bahwa setiap visitor organik atau biasa kita sebut dengan pengunjung murni yang masuk ke blog kita akan menghasilkan penghasilan adsense yang meningkat. Karena pada dasarnya setiap pengunjung organik yang masuk ke dalam blog kita akan memiliki nilai yang tinggi setiap kliknya.

Ketika blog kamu masuk kehalaman discover news ini bisa menjadikan kesempatan emas loh buat kamu untuk meningkatkan penghasilanmu di Google Adsense melalui blog yang sudah kamu daftarkan ke Google News. Meskipun nama layanan tersebut Google News, tetapi layanan ini tidak hanya untuk blog berita saja, Niche lain seperti saya juga bisa kok, berikut adalah rekomendasi beberapa blog yang cocok untuk kamu daftarkan ke Google News, antara lain:
  • Teknologi
  • Kecantikan
  • Tutorial
  • Tips dan Trick
  • Traveling
  • dan Lainnya

Syarat Mendaftar Google News


Berikut ini adalah beberapa tips dan syarat yang harus kamu ketahui sebelum kamu mendaftarkan blog ke layanan Google News, antara lain:

1. Konten Harus Memenuhi Kebijakan Google


Seperti yang kita ketahui sebagai seorang publisher pastinya konten yang kita buat itu harus memenuhi standart kebijakan konten oleh Google, oleh sebab itu jangan sampai kamu membuat sebuah konten yang melanggar aturan seorang publisher itu yang menyebabkan blog kamu akan mudah di tolak oleh layanan Google News. Apabila kamu melanggar hal ini, akan ada kemungkinan kecil bagi kamu agar bisa masuk ke layanan Google News ini.

Kamu bisa melihat panduan maupun informasi lengkap tentang kebijakan konten Google malalui layanan support Google. Jadi apabila kamu ingin mendaftarkan blog kamu ke layanan Google News pastikan kamu memenuhi standart kebijakan konten terlebih dahulu.

2. Mempunyai Struktur Blog Responsive


Tidak hanya konten yang harus kamu lihat tetapi struktur blog kamu harus juga terlihat baik, nah syarat selanjutnya apabila kamu ingin mendaftarkan blog kamu ke layanan Google News ialah blog kamu harus mempunyai struktur tampilan baik navigasi maupun struktur tampilan kamu harus terlihat rapih dan baik, itu membuktikan bahwa blog kamu terlihat lebih profesional di mata Google.

Pastikan juga tampilan blog kamu baik secara desktop maupun mobile memiliki tampilan yang sangat responsive dan enak di pandang, karena Google News ini lebih memprioritaskan blog yang memiliki tampilan yang responsive demi meningkatkan kenyamanan para pembaca blog.

3. Memiliki Konten yang Berkualitas


Buatlah sebuah konten yang memiliki kualitas yang bagus karena itu merupakan kunci utama untuk mendapatkan sebuah peringkat di halaman pencarian Google, terlebih lagi dengan kamu memiliki sebuah konten yang memiliki kualitas yang bagus itu juga merupakan ketentuan yang berlaku di layanan Google News. Oleh sebab itu dengan kamu memiliki sebuah konten yang mempunyai kualitas yang bagus maka akan ada kemungkinan artikel yang kamu buat bisa masuk ke halaman discover.

Itulah beberapa syarat kecil yang harus kamu ketahui sebelum mendaftarkab blog kamu ke layanan Google News, lalu bagaimana sih cara mendaftarkan blog ke Google News? Silahkan kamu ikuti tutorial dibawah ini dengan seksama.

Panduan Lengkap Cara Daftar Google News Terbaru


Berikut ini adalah panduan tentang tutorial bagaimana cara mendaftar blog ke layanan Google News terbaru 2021 dengan mudah,  sebagai berikut:
  1. Masuk ke halaman Publisher Center dan login dengan menggunakan akun Gmail yang terkait dengan Google Search Console kamu.
  2. Kemudian klik Tambahkan publikasi dan silahkan Masukan nama publikasimu.


  3. Langkah selanjutnya silahkan kamu isi sesuai dengan data yang diminta, untuk keterangannya seperti dibawah ini.


    Nama Publikasi : Isi dengan Nama blogmu.
    Deskripsi : Isi sesuai dengan deskripsi blogmu.
    Kategori Blog : Pilih sesuai dengan Niche/Kategori blogmu.
    Bahasa Blog : Sesuaikan dengan Bahasa yang digunakan.

  4. Selanjutnya pada bagian URL properti situs, masukan alamat blog kamu dan nantinya akan muncul sebuah teks berisi "Verifikasi dalam Search Console". Silahkan tekan teks tersebut, maka secara otomatis akan terverifikasi.


  5. Setelah itu masuk ke bagian Lokasi dan Kontak silahkan kamu isi sesuai dengan keterangan berikut ini.


    Lokasi : Indonesia (Apabila blog kamu kategori luar isi sesuai dengan negaranya).
    Kontak : Isi sesuai dengan alamat yang kamu gunakan saat ini dan Centang pada bagian masalah teknis dan pembaruan kontak, untuk menerima pemberitahuan dari Google News.

  6. Nah, pada bagian Distribusi, Properti Google dan Pelacakan, silahkan kamu isi sesuai dengan keterangan gambar berikut ini.


    Distribusi Negara : Pilih seluruh dunia agar terindex di seluruh dunia.
    Properti Google : Izinkan semua properti.
    Pelacakan : Masukan kode analytic terbaru blog kamu.

  7. Apabila sudah klik tombol Berikutnya untuk melanjut ke data berikutnya.
  8. Pada bagian Rubrik, silahkan tambahkan Rubrik baru > pilih yang Feed > Lalu isi seperti di gambar dibawah untuk mengisi bagian url feed RSS tersebut.


    Untuk bagian URL feed RSS atau Atom itu sesuaikan dengan RSS milik blog teman-teman sendiri, kalau untuk blogger kamu bisa mengambil kodenya dibawah ini dan mengganti www.domainkamu.com dengan alamat domain milik sobat sendiri.

    https://www.domainkamu.com/feeds/posts/default?max-results=999999&alt=json-in-script&callback=loadtoc

  9. Selanjut pada bagian Label Konten, silahkan tambahkan Label Konten Baru.

    Bagian url : Isi dengan salah satu link label blogmu.
    Bagian Label : Pilih menu Blog.

    Selanjutnya untuk "Memverifikasi kepemilikan URL" masukan domain kamu dan nantinya akan secara otomatis terverifikasi dan apabila seluruh bagian sudah terisi klik tombol Berikutnya

  10. Berikutnya buatlah sebuah Logo persegi atau isi dengan Favicon blogmu (logo blog ), buatlah ukurannya sesuai rekomendasi 1000 x 1000 pixel dengan menggunakan format PNG. Untuk bagian Logo lebar buatlah dengan ukuran 400x40 pixel (Wajib ikuti aturan google biar mudah diterima).


  11. Pada bagian Penghasilan, apabila email yang kamu gunakan terkait dengan Adsense blog kamu, maka akan secara otomatis bagian penghasilan terisi dengan nomor pub-1xxxxxxxx di akun Adsense, apabila sudah silahkan klik Berikutnya.
  12. Untuk dibagian Lanjutan itu biarkan default atau bawaan saja.
  13. Terakhir disini kamu akan menemukan beberapa masalah yang harus kamu selesaikan apabila di status masih terdapat masalah yang belum di selesaikan seperti gambar dibawah ini.


    Ingat!! Setiap ada perubahan yang terjadi jangan lupa untuk mengklik tombol Simpan dan apabila terdapat suatu masalah tentang Konten kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini:

    1. Kembali ke bagian Rubrik.
    2. Tambahkan rubrik baru yaitu Lokasi Web dan Feed yang dipersonalisasi.
    3. Untuk bagian URL kamu bisa isi dengan alamat blog kamu masing-masing.
    4. Setelah itu klik tombol simpan.
    5. Silahkan tunggu beberapa 10-30 menit kedepan untuk menyesuaikan dan apabila terdapat perubahan pada artikel rubrik dan masalah yang di Tinjau sudah selesai, kamu bisa menghapus Lokasi Web dan Feed yang dipersonalisasi yang berada di Rubrik tadi.
    6. Selesai.

  14. Apabila seluruh data sudah kamu berikan kamu kembali kebagian Tinjau dan Publikasikan dan pastikan sudah tidak ada masalah di halaman tersebut dan langkah terakhir adalah dengan klik Tombol Publikasikan.
  15. Berikut ini adalah gambaran apabila blog yang kamu daftarkan sudah di terima oleh layanan Google News, keterangan yang diberikan akan menunjukan Tayang.


  16. Selesai

Proses selanjutnya bisanya berupa review yang akan dilakukan oleh tim Google News selama tiga hari hingga beberapa minggu kedepannya, selama seluruh syarat sesuai tahapan ini sudah berjalan dengan baik.

Penutup


Itulah beberapa tutorial yang bisa saya sharing kepada teman-teman sekalian tentang Panduan Lengkap Cara Daftar Google News Terbaru yang bisa kamu terapkan sendiri apabila kamu ingin mendaftarkan blog kamu ke layanan Google News. Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini apabila kamu memiliki kendala atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.
Admin
Admin Hi, I'm Ahmad. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.

2 comments for "Panduan Lengkap Cara Daftar Google News Terbaru"