Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop Dengan Aman

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Windows 10

Pandroid
- Perkembangan dunia teknologi yang semakin meningkat merupakan suatu hal yang membanggakan, terlebih lagi bagi kamu pengguna Laptop maupun PC pastinya terdapat beberapa hal yang wajib untuk kamu ketahui. Contohnya saja pada penggunaan baterai laptop, Contohnya ketika kamu sudah menggunakan laptop untuk mengerjakan suatu hal dan secara tiba-tiba laptop tersebut mati tanpa adanya peringatan maupun notifikasi yang mengatakan bahwa baterai akan habis. Padahal terakhir kamu melihat persentase pada baterai laptop masih tersisa di angka 20 keatas, Lantas apa yang terjadi?


Walaupun kamu terlihat sudah sangat memelihara penggunaan baterai laptop kamu sebagaimana sesuai dengan prosedur penggunaan baterai, namun kapasitas baterai ini akan mudah menurun seiring dengan berjalannya waktu. Disini kita lihat dengan pengukuran daya bawaan laptop yang bisa menyala, tetapi estimasi pada pengukuran tersebut menunjukkan angka yang salah. Oleh sebab itu untuk meningkatkan kinerja dari daya baterai ini, kita perlu yang namanya teknik kalibrasi, dimana dengan menggunakan teknik ini kita akan mengetahui bagaimana kondisi yang sebenarnya pada daya tahan baterai tersebut.

Perlukah Melakukan Kalibrasi ?


Seperti yang kita ketahui sebuah laptop akan mudah melemah seiring dengan berjalannya waktu khususnya bagi kamu pengguna laptop yang setiap haru kamu gunakan, dalam hal ini kita akan mengetahui masalah kondisi baterai yang mudah melemah dan ketidakmampuan yang terjadi pada sistem yang tidak membaca secara akurat. Hal tersebut pastinya menggangu aktivitas bagi sebagian orang yang akan melakukan pekerjaan mereka melalui laptop tanpa adanya sumber daya.

Masalah yang terjadi disini kita contohkan ketika daya baterai laptop ini tidak sinkron yang terjadi pada indikasi yang disampaikan oleh sistem, namun pada kenyataannya status sistem yang berjalan jika daya baterai bisa bertahan sampai 120 menit tetapi saat kita gunakan baterai tersebut hanya mampu bertahan hingga 30 menit saja. Oleh sebab itu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan kalibrasi pada baterai laptop kamu agar bisa meningkatkan daya tahan pada baterai dan tidak terjadi yang namanya baterai drop.

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop Dengan Aman


Disini kamu membaca pada buku petunjuk penggunaaan yang disertakan ketika kamu membeli laptop tersebut, pastinya setiap produsen akan memberikan beberapa alat atau prosedur yang berbeda untuk melakukan kalibrasi pada baterai. Kamu bisa menggunakan cara kalibrasi yang dibilang pada buku petunjuk tersebut atau dengan beberapa cara yang akan saya sampaikan di bawah ini mengenai Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop Dengan Aman sesuai dengan pembahasan artikel kali ini.

Disini terdapat 3 metode yang bisa teman-teman terapkan untuk melakukan kalibrasi pada baterai laptop diantara ketiga tersebut antara lain adalah dengan menggunakan cara manual, menggunakan bios dan menggunakan beberapa perangkat lunak pihak ketiga.

Kalibrasi Baterai Laptop Secara Manual


Berikut ini adalah tutorial bagaimana Cara Kalibrasi Baterai Laptop Secara Manual dengan mudah dan aman, antara lain:
  1. Silahkan pergi ke Control Panel yang terdapat pada menu settingan laptop.
  2. Klik pada "Hardware and Sound" dan pilih opsi "Power Option", selanjutnya klik pada menu "Change when the computer sleep".


  3. Selanjutnya kamu bisa merubah pada durasi waktu tersebut menjadi Never pada pengaturan "Put the computer".
  4. Pada bagian Critial battery level klik bagian "On Battery" disini kamu bisa melakukan settingan persentase menjadi terendah yaitu 1% hingga 5%.


  5. Langkah terakhir, kamu bisa mengklik tombol Apply atau Save Changes untuk menyimpan setelan yang sudah kamu buat sebelumnya.
  6. Apabila seluruh settingan sudah kamu terapkan, pastikan kamu mengisi daya sampai mencapai 100% dan kamu dapat melepas charger tersebut dan biarkan laptop dalam kondisi menyala dan diamkan beberapa saat.
  7. Selesai

Kalibrasi Baterai Laptop Menggunakan BIOS


Berikut ini adalah tutorial bagaimana Cara Kalibrasi Baterai Laptop Menggunakan BIOS dengan mudah dan aman, antara lain:
  1. Silahkan restart laptop kamu dan masuk ke mode BIOS dengan menekan tombol F2 atau tombol lainnya sesuai dengan mode booting laptop kamu masing-masing.
  2. Ketika kamu sudah masuk ke menu BIOS, tekan opsi pada Power dan pilih menu "Start Battery Calibration"dan klik Enter.


  3. Setelah itu, silahkan kamu isi dayanya sampai penuh dan biarkan aktivitas pengisian berjalan dan jangan menekan tombol apapun.
  4. Apabila daya baterai sudah penuh 100%, restart kembali laptop kamu dan lepaskan pengisian daya.
  5. Selesai

Kalibrasi Baterai Laptop Menggunakan Software


Disini terdapat beberapa aplikasi atau software khusus yang dibuat untuk melakukan kalibrasi pada baterai laptop yang pastinya sudah support dengan Windows. Namun perlu kamu ketahui disini terdapat beberapa macam software yang bisa kita gunakan. Tetapi apabila langkah-langkah diatas belum juga berhasil, tidak ada salahnya kamu menggunakan bantuan dari beberapa software dibawah ini.

BatteryCare


BatteryCare adalah sebuah software kalibrasi baterai yang saat ini sedang populernya dan pastinya sangat kompatibel dengan laptop windows. Penggunaan pada aplikasi BatteryCare ini juga mempercepat proses pengosongan baterai pada laptop, sehingga akan mempermudah proses kalibrasi nantinya. Selain itu BatteryCare juga menyediakan beberapa informasi terkini tentang penggunaan kinerja baterai.


Namun seiring dengan perjalanannya waktu, penggunaan daya baterai pada laptop akan semakin berkurang dan pastikan kamu melakukan kalibrasi baterai secara rutin agar terhindar dari berbagai masalah.

Smarter Battery


Selanjutnya disini ada software Smarter Battery yang merupakan sebuah software manajemen daya yang populer juga untuk digunakan pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Selain untuk meningkatkan performa pada daya tahan baterai, software ini juga bisa kamu gunakan untuk melakukan kalibrasi pada baterai laptop dan meningkatkan kinerja pada keseluruhan dan umur pada baterai laptop.


Untuk menggunakan fitur kalibrasi tersebut dan membuat kinerja pada laptop menjadi lebih baik kamu harus menggunakannya dengan membayar aplikasi tersebut mulai dari 14$ atau sekitar 200 ribu untuk menggunakan aplikasi tersebut, kamu juga bisa menggunakan versi trial 10 hari untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Penutup


Itulah beberapa metode atau tutorial yang bisa saya sharing kepada teman-teman sekalian tentang 3 Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop yang bisa kamu terapkan sendiri untuk melakukan kalibrasi pada laptop dengan mudah dan aman. Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini apabila kamu memiliki kendala atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.
Admin
Admin Hi, I'm Ahmad. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.

Post a Comment for "3 Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop Dengan Aman"