Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis dan Manual di Microsoft Word

Pandroid
- Bagi kamu pejuang yang sedang membuat sebuah skripsi atau menulis sebuah buku, pastinya salah satu fitur yang berada di Microsoft Word ini sangat di perlukan yaitu sebuah daftar isi yang merupakan poin penting dalam membuat sebuah skripsi maupun sebuah buku. Lalu, apa jadinya ketika kamu membuat sebuah dokumen dengan jumlah halaman yang terlalu banyak tanpa memiliki sebuah daftar isi. Nantinya kamu akan kesulitan dalam mencari sebuah halaman yang kamu butuhkan, oleh sebab itu daftar isi merupakan point yang harus kamu buat.


Secara umum, salah satu format sebuah tulisan yang penting namun sering kali dianggap sulit untuk membuat sebuah daftar isi. Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word tahun 2007, 2010 dan 2013 baik secara menual maupun secara otomatis itu merupakan hal yang sangat mudah untuk kamu terapkan.

Namun bagi kamu yang belum bisa? kamu jangan khawatir sesuai dengan judul artikel kali ini, disini saya akan memberikan kepada kamu beberapa tutorial yang menarik untuk membuat sebuah Daftar Isi di Microsoft Word. Nah, untuk mempermudah kamu dalam membuat sebuah daftar isi kamu bisa melihat tutorialnya dibawah ini tetapi sebelum kita memasuki tutorialnya disini saya akan memberikan beberapa info tentang gambaran sebuah daftar isi tersebut.

Fungsi dan Gambaran Daftar Isi


Dalam sebuah karya tulis contohnya seperti karya ilmiah, laporan, skripsi, novel dan juga buku-buku sekolah, daftar isi sangat diperlukan untuk memudahkan pembaca dalam mencarian judul yang mereka cari. Daftar isi merupakan sekumpulan urutan judul-judul pada suatu BAB di dalam buku untuk menjadi pemandu pembaca yang menginginkan tulisan pada BAB tertentu.

Oleh karena itu sebuah daftar isi harus terlihat rapi sehingga pembaca dapat lebih mudah untuk memahami materi apa yang dibahas oleh penulis di dalam buku tersebut. Daftar isi sendiri memiliki fungsi, yaitu:
  1. Dalam pembuatan Skripsi, Makalah, atau Laporan menjadi lebih rapih, sehingga pembaca dapat lebih mudah untuk memahami materi apa yang dibahas oleh penulis.
  2. Membuat pembaca menjadi lebih jelas dan mengetahui maksud dari penulis tentang informasi yang ditulis.

Itulah beberapa fungsi dan gambaran dari daftar isi yang bisa saya sharing ke teman-teman sekalian, dan untuk tutorial cara membuat daftar isi di Microsoft Word silahkan simak dibawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis dan Manual di Microsoft Word


Dalam membuat sebuah daftar isi secara otomatis, kamu diharuskan untuk menyiapkan sebuah dokumen atau pun tulisan yang ingin diberi daftar isi, tulisan yang ideal ini harus memiliki beberapa judul dan sub judul agar daftar isi dapat dibuat secara otomatis. Tetapi beda halnya lagi dengan yang manual, kalau kamu ingin membuat daftar isi secara manual kamu hanya perlu membuatnya seperti tutorial dibawah ini.

Tutorial Membuat Daftar Isi Secara Otomatis


Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara membuat Daftar Isi di Microsoft Word secara otomatis dengan mudah, sebagai berikut:
  1. Pertama-tama kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu fungsi heading dan sub-heading (Heading 1 dan Heading 2) pada toolbar bagian kiri.


    Apabila tidak muncul navigasi di sisi kiri kamu bisa mengaktifkannya dengan cara klik "View" dan aktifkan fungsi "Navigation Pane". Apabila, kolom navigasi masih kosong, itu artinya heading dan sub heading yang kamu buat belum aktif dan jika kolom navigasi sudah aktif maka tampilannya adalah seperti di bawah ini.


  2. Apabila pada bagian judul dan sub judul yang kamu buat sudah aktif dan muncul sebuah Navigation pane, itu tandannya kamu sudah bisa membuat daftar isi secara otomatis. Langkah selanjutnya letakkan cursor di halaman tempat lokasi daftar isi ditargetkan akan berada.


  3. Selanjutnya klik pada bagian tool bar atas "References" dan klik pada bagian "Table of content" di bagian tool bar atas.


  4. Kemudian silahkan kamu pilih pada bagian "Automatic Tabel" untuk membuat tabel daftar isi secara otomatis, contohnya seperti gambar dibawah ini.


  5. Apabila kamu dalam mengedit konten sehingga beberapa nomor halaman bergeser atau mungkin beberapa perubahan terjadi mulai dari judul dan sub judul. Kamu bisa memperbaharui table tersebut dengan cara klik kanan pada salah satu titik > klik Update Field > selanjutnya klik Update page number only atau jika kamu hanya ingin berubah nomor halaman saja, kamu pilih Update entire table dan table pun berubah.


  6. Selesai

Tutorial Membuat Daftar Isi Secara Manual


Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara membuat Daftar Isi di Microsoft Word secara manual dengan mudah, sebagai berikut:
  1. Silahkan kamu masuk terlebih dahulu ke aplikasi Microsoft Word.
  2. Setelah itu tulis terlebih dahulu daftar isi yang ingin kamu buat, contohnya seperti gambar dibawah ini.


  3. Apabila sudah, langkah selanjutnya pada penggaris silahkan klik daerah yang ingin kamu jadikan batas akhir titik dengan cara block terlebih dahulu.


  4. Kemudian klik kiri 2x pada penggaris dan nantinya akan muncul sebuah jendala baru seperti gambar dibawah ini.


    Keterangan :
    a. Tab stop position adalah batas akhir titik-titik nantinya.
    b. Default tab stops disini biarkan default saja.
    c. Alignment sesuai dengan alur titik titik.
    d. Leader adalah jenis titik-titik yang akan kamu gunakan.

  5. Langkah selanjutnya, pada setiap akhir kata di daftar isi silahkan klik tombol Tab pada Keyboard untuk memunculkan titik-titik pada daftar secara otomatis sesuai dengan konfigurasi sebelumnya.


  6. Langkah terakhir, silahkan kamu sesuaikan dengan nomor halaman pada skripsi atau tulisan kamu pada daftar isi sesuai dengan gambar dibawah ini.


  7. Selesai.

Penutup


Itulah beberapa informasi yang bisa saya sharing kepada teman-teman sekalian tentang Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word yang bisa kamu terapkan apabila kamu ingin membuat sebuah daftar isi di Microsoft Word dengan mudah. Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini apabila kamu memiliki kendala atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.
Admin
Admin Hi, I'm Ahmad. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.

Post a Comment for "Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word"