Cara Mengetahui HP Android Sudah Root atau Belum

Cara Mengetahui HP Android apakah Sudah di Root atau Belum

Pandroid - Hampir sebagian orang pastinya ingin melakukan sebuah kegiatan root pada perangkat HP maupun tablet Android mereka untuk melakukan beberapa eksperiment pada hp androidnya atau juga untuk melakukan pembaharuan OS Terbaru atau biasa kita sebut dengan Custom ROM. Tetapi mereka bingung atau ragu apakah device yang mereka gunakan ini sudah melakukan aktivasi root atau belum dan apakah device mereka ini sudah support untuk melakukan perizinan root.


Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kepada kamu beberapa tutorial bagaimana cara mengecheck atau mengetahui apakah HP Android yang kita pakai ini sudah melakukan aktivasi Root atau belum? Tetapi sebelum kita masuk ke inti tutorial kali ini disini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai apa itu root dan sebagainya silahkan kamu simak secara seksama.

Apa Itu Root ?


Root dalam bahasa Indonesia yang berarti adalah "Akar". Root adalah proses memberikan izin kepada user agar bisa memiliki full control yang lebih tinggi terhadap perangkat Androidnya. Dalam melakukan aktivasi Root artinya kamu memberikan izin kepada pengguna untuk memberikan akses sistem Android secara lebih dalam sehingga beberapa fitur yang tidak mungkin digunakan nantinya akan bisa diakses ketika Root sudah dijalankan. Contohnya kamu bisa menghapus aplikasi bawaan dari smartphone kamu.

Terkadang dalam melakukan aktivasi root atau mengaktifkan sistem root kita tidak akan tahu kedepannya apakah proses kita akan berhasil atau tidak oleh sebab itu sangat disarankan untuk melihat tutorial dengan teliti agar kamu tidak mengalami masalah yang berat contohnya apabila kamu gagal dalam melakukan pengaktifan root nantinya hp kamu akan mengalami masalah salah satunya yaitu mengalami Bootlop.

Cara Mengetahui HP Android Sudah Root atau Belum


Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya yakni proses root adalah memberikan perizinan penuh kepada pengguna untuk melakukan berbagai aktifitas Hal tersebut seperti melakukan Custom ROM, menghapus aplikasi bawaan, dan lainnya. Semuanya akan bagus apabila kamu melakukannya secara tidak berlebihan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Namun beberapa pengguna HP pastinya telah melakukan aktivasi root dan sebagiannya lagi tidak. Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan apakah HP yang kamu gunakan sudah root atau belum dan pastinya Gratis untuk melakukan pengecekan tersebut. Berikut ini kami rangkum sedemikian rupa tentang bagaimana Cara Mengetahui apakah HP Android kita sudah Root atau belum

1. Cara Mengetahui HP Sudah di Root Tanpa Aplikasi


Cara yang pertama disini adalah membuat akses Root pada smartphone pastinya memiliki jejak sendirinya. Jejak tersebut biasanya cenderung dengan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat izin root yang berbeda. Cara ini bisa kamu manfaatkan untuk melihat apakah HP kamu sudah melakukan aktivasi root atau belum tanpa menggunakan aplikasi.
  • Pertama, aktifkan perangkat Smartphone.
  • Kemudian pastikan aplikasi yang digunakan untuk membuat akses Root (Contohnya Kingroot atau SuperSU).


  • Setelah itu buka menu Aplikasi.
  • Cari aplikasi "Kinguser" atau "SuperSU".
  • Selesai.

Cara ini merupakan cara yang termudah apabila kamu menemukan salah satu aplikasi tersebut artinya kamu berhasil untuk mengetahui apakah HP itu sudah melakukan aktivasi root atau belum tanpa menggunakan aplikasi. Perlu diingat kembali, cara ini dilakukan apabila proses rooting telah selesai.

2. Cara Mengetahui HP Sudah di Root dengan Root Checker


Dalam menggunakan aplikasi Root Checker merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah HP tersebut sudah melakukan aktivasi root atau belum. Karena cara ini sangat efektif untuk melihat apakah device HP Android tersebut yang sudah melakukan pengaktifan root.
  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Setelah itu cari aplikasi Root Checker dan Download aplikasi tersebut di Hp android kamu.


  • Buka aplikasi dan tab tombol Agree, kemudian pilih opsi ROOT dari layar berikut.
  • Ketuk pada layar, aplikasi akan memeriksa perangkat Anda di-root atau tidak dengan cepat dan menampilkan hasilnya.
  • Selesai.

3. Cara Mengetahui HP Sudah di Root dengan Terminal


Cara yang terakhir untuk mengetahui apakah HP kita ini sudah melakukan pengaktifan Root atau belum yaitu dengan menggunakan bantuan Terminal, Untuk cara ini dibilang cukup rumit tetapi bisa dibilang mudah juga, tergantung bagaimana kamu menanggapinya.
  • Silahkan Download dan Pasang aplikasi Terminal.
  • Setelah itu buka aplikasi Terminal


  • Kemudian perhatikan Tulisan yang ada di tampilan.
  • Selesai.

Keterangan :
  1. Apabila kamu melihat tanda "#" maka status telepon memiliki akses root.
  2. Apabila terdapat tanda "$" bukan "#" maka ponsel Anda masih tidak dalam mode pengguna super, tetapi itu tidak berarti itu tidak di root. Ketik "su" dan jika HP tersebut tidak mengenalinya, ini menandakan ponsel belum di-root.

Penutup


Itulah beberapa informasi yang bisa saya sharing kepada teman-teman sekalian tentang Cara Mengetahui HP Android Sudah Root atau Belum Dengan Mudah yang bisa kamu terapkan apabila kamu ingin mengetahui apakah HP Android kamu sudah melakukan pengaktifan Root atau Belum. Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini apabila kamu memiliki kendala atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post