Cara Mengurus Mutasi Mobil Beserta Syarat dan Biayanya

Cara Mengurus Mutasi Kendaraan Terbaru 2021

Pandroid
- Ketika kamu ingin melakukan perpindahan domisili atau berganti nama pemilik kendaraan, hal yang wajib untuk kamu lakukan adalah dengan melakukan mutasi mobil yaitu dimana kamu sebagai pemilik kendaraan harus melakukan perpindahan domisili. Hal ini bertujuan agar plat pada nomor dari kendaraan yang kamu gunakan dapat terganti dengan yang baru, bukan hanya itu saja, kegunaan dari mutasi ini juga digunakan untuk melakukan pergantian atau pembaharuan pada BPKB dan STNK kendaraan.


Sering kali proses administrasi dianggap ribet, perlu banyak pungutan dan pastinya prosesnya lama. Emang tidak salah kok, itu dikarenakan kebanyakan dari birokrasi masih memakai sistem pungutan yang tidak resmi. Padahal sudah tidak ada lagi pungutan di luar dari ketentuan yang harus kamu bayar. Pemungutan ini biasanya bakal diminta bagi kamu yang ingin proses mutasi kendaraan agar lebih cepat, dikarenakan proses mutasi ini membutuhkan kurung waktu 1 bulan lamanya. Seperti yang kita ketahui mutasi ini terbagi menjadi 2 antara lain : 
  1. Mutasi Satu Daerah atau Provinsi
  2. Mutasi lain daerah.

Untuk mutasi satu daerah atau provinsi ini memiliki arti dimana ketika kamu melakukan perpindahan alamat dari pemilik lama dari satu samsat ke samsat yang lain dengan menggunakan nomor Polisi yang sama. Mutasi ini juga bisa diartikan sebagai proses dimana akan dilakukan pencabutan pada berkas dari kendaraan. Sebelum kita memasuki inti dari pembahasan pada artikel Mutasi Mobil, disini saya akan memberikan beberapa informasi yang wajib untuk kamu ketahui sebelum melakukan proses Mutasi.

Cara Mengurus Mutasi Mobil Beserta Syarat dan Biayanya


Seperti yang saya bilang sebelumnya, ketika kamu ingin melakukan perpindahan domisili ataupun berganti nama pemilik kendaraan hal utama dan wajib untuk kamu lakukan adalah Mutasi Mobil atau melakukan Cabut berkas. Apabila hal tersebut tidak segela dilakukan, nantinya kamu akan kerepotan ketika harus membayar pajak kendaraan dan melakukan perpanjangan pada STNK kendaraanmu.

Itu disebabkan karena pada urusan administrasi kendaraan akan terkait pada domisili si pemilik kendaraan yang tertera di STNK tersebut, oleh sebab itu di wajibkan untuk kamu melakukan mutasi sebelum melakukan perpindahan domisili ataupun pergantian nama pemilik kendaraan.

Syarat Mengurus Mutasi Mobil


Berikut ini adalah beberapa syarat yang wajib kamu penuhi ketika ingin melakukan mutasi mobil, antara lain:
  • STNK Asli beserta Fotocopy
  • BPKB Asli beserta Fotocopy
  • KTP Asli beserta Fotocopy atau bisa juga menggunakan SIM.
  • Kwitansi pembelian dan Materai 6000.

Biaya Mengurus Mutasi Mobil


Berikut ini adalah beberapa informasi biaya yang harus kamu keluarkan ketika hendak ingin melakukan mutasi mobil, antara lain:
  • Biaya Mutasi Masuk (BBN) : 1% dari pembelian kendaraan.
  • Pemeriksaan Fisik : Gratis.
  • Biaya Fiskal : Rp. 250.000
  • Admin Gudang Kartu Induk : Rp. 10.000
  • Admin Mutasi Masuk : Rp. 375.000
  • Admin Mutasi Keluar : Rp. 50.000
  • Penerimaan Negara Bukan Pajak STNK : Rp. 400.000
  • Penerimaan Negara Bukan Pajak BPK : Rp. 100.000
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mencabut berkas di samsat, kurang lebih satu bulan lamanya.

Setelah kamu sudah mengetahui syarat dan biaya yang harus kamu keluarkan untuk melakukan proses mutasi di samsat. Berikut ini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai Cara Mengurus Mutasi Mobil Antar Daerah dan Provinsi beserta Mutasi Lain daerah, silahkan kamu simak agar mengetahui tentang bagaimana cara melakukan mutasi mobil.

Cara Mengurus Mutasi Mobil Antar Provinsi


Proses Mutasi Mobil antar provinsi ini bisa kamu lakukan apbila kita sebagai pemilik kendaraan harus melakukan perjalanan pergi keluar provinsi untuk tempat tinggal mereka. Lalu untuk cara melakukan mutasi mobil antar provinsi, sebagai berikut :
  1. Silahkan kamu pergi ke kantor Samsat sesuai dengan alamat di STNK.
  2. Selanjutnya, kamu bisa langsung datang ke loket cek Fisik Kendaraan, kamu juga harus menyerahkan kelengkapan berkas.
  3. Setelah itu petugas akan memberikan formulir cek fisik dan silahkan foto copy berkas tersebut.
  4. Apabila sudah selesai mengisi formulir, berikan formulit tersebut kepada petugas dan petugas akan menggesek nomor mesin dan juga rangka.
  5. Jika seluruh proses sudah selesai, kamu hanya perlu foto copy semua berkas yang kamu bawa.
  6. Berikan foto copy tersebut ke petugas cek fisik.
  7. Selanjutnya pergi ke bagian fiskal mutasi mobil dan mengisi formulir, anda juga akan disuruh untuk membayar biaya pajak.
  8. Kamu hanya perlu mengambil berkas kartu induk dan beralih kebagian mutasi dan segera serahkan ke loket.
  9. Setelah seluruh proses selesai,  nantinya kamu akan mendapatkan surat jalan untuk mengurus di domisili yang baru.
  10. Selesai

Cara Mengurus Mutasi Mobil di Domisili Baru


Setelah kamu melakukan proses mutasi di samsat sesuai dengan alamat pada STNK kendaraanmu, hal selanjutnya adalah lakukan mutasi mobil di domisili baru. Lalu untuk cara melakukan mutasi mobil di domisili baru, sebagai berikut :
  1. Silahkan kunjungi samsat domisili yang baru.
  2. Setelah sampai kamu hanya perlu menyerahkan surat jalan sebelumnya kepada petugas di Cek Fisik.
  3. Nantinya, kamu akan melakukan kembali gesek nomor mesin dan juga rangka.
  4. Setelah itu kamu perlu membawa semua dokumen ke petugas mutasi dan isi formulir yang diberikan.
  5. Kamu hanya tinggal menunggu untuk dipanggil dan membayar mutasi kendaraan.
  6. Untuk BPKB aslinya akan ditahan oleh petugas, lalu anda akan diberi surat pengantar untuk mengambil di Polres terdekat.
  7. Setelah itu anda akan membayar biaya dari mutasi mobil dan juga STNK yang baru dan kamu bisa mengambil plat barunya.
  8. Selesai

Penutup


Itulah beberapa informasi yang bisa saya sharing kepada teman-teman sekalian tentang bagaiman Cara Mengurus Mutasi Mobil Beserta Syarat dan Biayanya yang bisa kamu terapkan sendiri apabila ingin melakukan mutasi mobil ketika ingin melakukan perpindahan domisili. Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini apabila kamu memiliki kendala atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post