Kamera WhatsApp tidak Full Screen? Begini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kamera WhatsApp tidak Full Screen

Pandroid
- Bagi kamu pengguna aplikasi WhatsApp, pastinya sering kali menemukan beberapa masalah terkait Bug yang muncul, belakangan ini juga pengguna WhatsApp memiliki keluhan baru mengenai masalah kamera WhatsApp yang tidak full screen. Pasalnya aplikasi tersebut memiliki sedikit kendala pada bagian kamera yang mengakibatkan gangguan yang terjadi pada kamera tersebut, masalah tersebut berada pada bagian samping kiri dan kanan, atas dan bawah kamera yang terdapat sebuah frame hitam yang mengelilingi tampilan layar tersebut.


Dalam kasus ini, berikut adalah beberapa alasan mengenai masalah pada kamera yang tidak bisa full screen yang bisa mengakibatkan gangguan pada penggunaan aplikasi tersebut. Hal ini mungkin saja terjadi akibat beberapa hal, contohnya seperti pengguna menggunakan ponsel yang tidak mendukung aplikasi WhatsApp atau juga bisa disebabkan oleh WhatsApp memiliki masalah didalamnya atau terdapat sebuah bug didalam aplikasi tersebut yang mengakibatkan masalah ini dapat terjadi.

Akan tetapi kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut terkait Kamera pada aplikasi WhatsApp yang tidak bisa Full Screen, karena untuk mengatasinya tidak terlalu sulit kamu hanya perlu mengikuti beberapa tahapan atau langkah-langkah yang sudah saya sediakan dibawah ini.

Cara Mengatasi Kamera WhatsApp tidak Full Screen


Apabila kamu merupakan salah satu orang yang sedang mengalami masalah kamera WhatsApp tidak full screen tersebut, maka kamu bisa melakukan tips dan trik yang akan kami berikan, antara lain:

1. Update Aplikasi WhatsApp


Tips yang harus kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan update aplikasi whatsapp terlebih dahulu di aplikasi playstore, ini bertujuan agar data-data pada aplikasi whatsapp dapat diperbaharui oleh pihak pengelola aplikasi WhatsApp yang di keluhkan oleh penggunanya. Selain itu kamu juga bisa melakukan download ulang aplikasi apabila whatsapp kamu sudah pada versi terbaru, ini bertujuan agar data-data kembali pada posisi awal.

Untuk cara updatenya pun cukup mudah kamu hanya melakukan update di aplikasi Playstore dengan mencari WhatsApp dan melakukan pembaharuan atau update tersebut, maka secara otomatis akan melakukan pembaharuan aplikasi.

2. Reboot/Restart Ponsel


Seperti yang kita ketahui, pada dasarnya setiap pengguna smartphone ketika menemukan sebuah masalah hal pertama yang mereka lakukan pastinya adalah dengan melakukan reboot pada ponsel tersebut dan setelah itu melakukan uji coba kembali membuka aplikasi tersebut. Hal tersebut bisa kamu terapkan juga lohh untuk mengatasi permasalahan mengenai Kamera WhatsApp yang tidak bisa Full screen ini.

Karena dengan kamu melakukan reboot atau restart pada smartphonemu, seluruh aplikasi bawaan dan aplikasi yang kamu download akan kembali normal seperti semulanya dan kamu juga bisa menggunakana kamera tersebut. Apabila tips ini belum ada perubahan juga, kamu bisa mencoba tips berikut untuk mengatasinya.


3. Hapus Cache WhatsApp


Setelah beberapa langkah diatas belum ada perubahan juga, kamu bisa menggunakan dan mencoba alternatif ini untuk mengatasi permasalahan kamera WhatsApp dengan menghapus cache pada aplikasi WhatsAppmelalui menu pengaturan di ponsel kamu. 

Adapun cara mudah untuk menghapus cache atau sampah yang tersimpan pada aplikasi WhatsApp tersebut, sebagai berikut:
  1. Silahkan masuk pada menu Pengaturan Smartphone.
  2. Masuk ke Manajemen Aplikasi.
  3. Kemudian cari Aplikasi WhatsApp dan Klik aplikasinya.
  4. Tap pada bagian Hapus Cache untuk menghapusnya.
  5. Selesai

Pada umumnya, sebuah aplikasi yang melakukan update atau pembaharuan, semua bug maupun masalah pada versi sebelumnya akan diperbaiki dan di fix oleh pengelola dengan mengeluarkan versi terbaru mereka.

4. Gunakan WhatsApp Original


Tips terakhir yang bisa saya sharing untuk mengatasi permasalahan pada kamera adalah dengan menggunakan aplikasi original, hal yang biasanya menyebabkan kamera tidak bisa full screen adalah dengan menggunakan aplikasi Mod, itu dikarenakan aplikasi ini sudah dimodifikasi langsung oleh pihak ketiga yang menyebabkan beberapa kode pada aplikasi tersebut sudah dimodifikasi.

Sebab sebuah aplikasi yang sudah dimodifikasi seperti WhatsApp Mod ini pastinya memiliki script tambahan yang sudah di tambah oleh pihak ketiga dan terdapat beberapa fitur dari aplikasi original yang tidak berfungsi, oleh sebab itu sangat disarankan untuk kamu yang masih menggunakan aplikasi mod untuk segera beralih ke WhatsApp original.

Penutup


Itulah beberapa metode atau tips yang bisa saya sharing kepada teman-teman sekalian tentang Kamera WhatsApp tidak Full Screen? Begini Cara Mengatasinya yang bisa kamu terapkan sendiri untuk mengatasi permasalahan pada kamera yang tidak bisa Full Screen. Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini apabila kamu memiliki kendala atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post