Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Komponen Sistem Pendidikan yang Wajib Kamu Ketahui

7 Komponen Sistem Pendidikan Terbaru

Pandroid - Dalam kesempatan kali ini disini saya akan menjelaskan beberapa hal tentang perubahan dalam dunia pendidikan ini sangat diperlukan untuk segera melakukan pengejaran atas ketertigalan dalam sistem pendidikan, seperti yang kita ketahui pendidikan adalah sebuah usaha yang telah direncanakan dalam bentuk dan wujud proses pembelajaran yang sangat efektif. Sehingga ketika anak ingin mengembangkan potensi mereka dalam dunia hal spiritual maupun pengendalian diri dan lainnya mereka lebih terarah atas sistem pendidikan ini.


Dalam pengertian ini kita lihat bahwasannya pendidikan dilaksanakan dengan wujud dan pembelajaran yang telah dirancang agar peserta didik akan lebih mudah dalam mengembangan potensi dan kemampuan akademik yang mereka miliki. Oleh sebab itu untuk mencapat suatu tujuan utama dalam pendidikan banyak hal yang harus kita perhatikan untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa hal yang harus kita lakukan yang harus kita perhatikan adalah kita harus menyusun konsep, perencanaan, pelaksanaan hingga proses evaluasi maupun penilaian pendidikan tersebut.

Pendidikan bukan hanya proses belajar dan mengajar tetapi pendidikan juga membutuhkan sebuah sistem dimana sistem tersebyt sudah terstruktur dengan rapih sehingga pendidikan yang ada disetiap instansi sekolah dalam berjalan dan beraktivitas dengan baik oleh sebab itu kita membutuhkan yang namanya sistem pendidikan.

Komponen Sistem Pendidikan yang Wajib Kamu Ketahui


Berikut ini adalah beberapa sistem pendidikan yang memiliki sebuah konsep dan komponen utama yang saling terkait antara satu dengan yang lainnya untuk membangun sebuah pendidikan tercapai. Sesuai dengan yang dibuat oleh PH Coombs (1968) mereka menyebutkan inilah beberapa komponen dalam sistem pendidikan, antara lain :
  1. Tujuan dan Prioritas
  2. Peserta Didik
  3. Manajemen
  4. Struktur dan Jadwal Waktu
  5. Isi atau Materi
  6. Dosen dan Pelaksana
  7. Alat dan Sumber Belajar
  8. Fasilitas
  9. Teknologi
  10. Pengawasan Mutu
  11. Penelitian
  12. Biaya Pendidikan

Setelah kamu mengetahi beberapa komponen dalam sistem pendidikan ini harusnya kamu sudah terpenuhi dalam pelaksanaan pendidikan. Nah, ketika ada salah satu komponen yang tidak terpenuhi maka akan menghambat beberapa komponen yang satu dengan komponen yang lainnya.

Contohnya disini pada komponen Biaya Pendidikan, ketika komponen ini tidak ada terpenuhi maka bisa dipastikan hal-hal lain seperti fasilitas, teknologi, dan para pengajar pun tidak akan terpenuhi juga. Oleh sebab itu setiap komponen yang tidak terpenuhi maka akan berdampak kepada komponen yang lainnya karena setiap komponen memiliki keterikatan antara satu dengan yang lainnya.

Penutup


Itulah beberapa informasi yang bisa saya sharing kepada teman-teman sekalian tentang 12 Komponen Sistem Pendidikan yang Wajib Untuk Kamu Ketahui yang bisa kamu terapkan atau bisa kamu gunakan sebagai referensi dalam dunia pendidikan. Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini apabila kamu memiliki kendala atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.
Admin
Admin Hi, I'm Ahmad. I have interest on crochetting and postcrossing. I crochet many things, bags, clothes, hats, and many more.

Post a Comment for "12 Komponen Sistem Pendidikan yang Wajib Kamu Ketahui"