5 Cara Mudah Mengatasi Kamera WhatsApp tidak Full Screen

Solusi Mengatasi Permasalahan Kamera WhatsApp tidak Full Screen

Pandroid
- Sebuah masalah pastinya sering muncul dalam dunia digital maupun dunia internet terkhusus pada sebuah aplikasi chatting yang memiliki jumlah pengguna yang paling banyak sampai saat ini yupss yaitu aplikasi WhatsApp. Sebuah aplikasi yang memberikan akses gratis tanpa adanya iklan maupun pop up ini merupakan aplikasi yang chatting terbaik saat ini dan kamu juga bisa membuat sebuah story cerita untuk memberikan informasi ke semua kontak kamu dalam waktu bersamaan dan secara tidak langsung aplikasi ini merupakan aplikasi terfavorit dikalangan milenial.


Seberapapun sempurnanya sebuah aplikasi dan seberapapun canggihnya sebuah teknologi pastinya tidak bisa menutupi sebuah kemungkinan yang terjadi pada sebuah masalah, begitu juga dengan aplikasi chatting yang bernama WhatsApp. Tentunya sebuah masalah tersebut pasti sangat menyusahkan dan menjengkelkan bagi kamu orang yang sibuk di bisnis maupun chattingan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Nah, tentunya disini saya akan menjabarkan beberapa masalah dan solusi yang sering muncul dan pastinya sangat menggangu.

Masalah yang sering terjadi tersebut adalah ketika kamu hendak ingin melakukan potret atau ingin menampilkan sebuah story WhatsApp secara tidak langsung ukuran pada kamera tersebut tidak bisa memaksimalkan ukurannya. Pasalnya dibagian samping kiri dan kanan, atas dan bawah kamera terdapat sebuah fram hitam yang mengelilingi layar tersebut yang mengakibatkan gangguan yang terjadi pada kamera. Bagi sebagian orang pastinya masalah tersebut terasa sangat menjengkelkan terlebih lagi dapat menggangu aktivitas online dan pastinya masalah ini membuang-buang waktu.

Penyebab Kamera WhatsApp tidak Full Screen


Tentunya masalah ini membuat banyak orang sering bertanya-tanya kenapa masalah tersebut bisa terjadi? Nah, setelah di terlusuri lebih jauh masalah kamera story yang tidak bisa full screen ini terjadi diakibatkan oleh beberapa macam yaitu dikarena terdapat bug pada aplikasi WhatsApp dan juga terjadi akibat beberapa device yang tidak support menggunakan aplikasi tersebut diakibatkan perbedaan rasio antara smartphone yang kamu gunakan dengan rasio insta story WhatsApp.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan yang terjadi pada kamera WhatsApp yang tidak bisa full screen, untuk mengatasi masalah tersebut disini kami berikan 5 metode ataupun tutorial yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

5 Cara Mudah Mengatasi Kamera WhatsApp tidak Full Screen


Bagi kamu yang ingin mengatasi permasalahan Kamera WhatsApp yang tidak bisa Full Screen, disini kami berikan beberapa 5 metode yang bisa kamu coba untuk mengatasinya, antara lain:

1. Lakukan Pembaharuan Aplikasi


Langkah awal yang bisa kamu ambil untuk mengatasi permasalahan pada kamera yang tidak bisa full screen adalah dengan melakukan pembaharuan aplikasi karena seperti yang kita ketahui, setiap aplikasi yang melakukan pembaharuan nantinya bug ataupun masalah yang terdapat pada aplikasi WhatsApp akan teratasi karena masalah tersebut sudah diatasi dengan pembaharuan. Pada Bug itulah yang menyebabkan salah satu faktor permasalahan pada kamera WhatsApp tersebut terjadi sehingga tampilan pada kamera tidak bisa maksimal.

Lalu untuk mengatasinya cukup mudah kamu hanya masuk pada aplikasi Play Store atau Market Store > setelah itu cari aplikasi WhatsApp dan lakukan Pembaharuan atau Update dengan cara mengklik tombol Update > Selesai.

2. Jangan Menggunakan Mod


Hal selanjutnya yang bisa menyebabkan Kamera tidak full screen adalah dengan menggunakan aplikasi ilegal atau biasa disebut dengan WhatsApp Mod, sebuah aplikasi yang sudah di modifikasi seperti GB WhatsApp, Yoo WhatsApp maupun WhatsApp mod lainnya. Karena tindakan tersebut merupakan sebuah tindakan ilegal atau tindakan yang melanggar privasi dan keamanan pada pengguna WhatsApp tersebut oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan aplikasi Original atau asli langsung dari Play Store.

Karena sebuah aplikasi modifikasi WhatsApp Mod ini terdapat sebuah script tambahan yang sudah ditambahkan oleh pihak ketiga dan beberapa fitur yang sangat merepotkan menurut beberapa pengguna yang sudah memakainya, sehingga bisa saja pada fitur untuk mengatur kamera WhatsApp secara tidak sengaja menjadikan kamera tidak full screen dan menggangap pengguna WhatsApp tersebut terjadi masalah.

3. Hapus History/Cache


Cara selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menghapus History atau Cache sampah pada aplikasi WhatsApp karena pada beberapa kasus yang sering terjadi untuk cara ini bisa dibilang cukup ampun untuk mengatasinya meski tidak semua bisa berhasil tetapi alangkah baiknya untuk mencobanya.

Adapun cara mudah untuk menghapus cache atau sampah yang tersimpan pada aplikasi WhatsApp tersebut, sebagai berikut:
  1. Silahkan masuk pada menu Pengaturan Smartphone
  2. Masuk ke Manajemen Aplikasi
  3. Kemudian cari Aplikasi WhatsApp dan Klik aplikasinya
  4. Tap pada bagian Hapus Cache untuk menghapusnya
  5. Selesai

4. Zoom Kamera


Ketika kamu baru saja menggunakan sebuah smartphone maupun mengunduh dan menggunakan aplikasi chatting WhatsApp, salah satu fitur zoom kamera di kamera WhatsApp sering kali terjadi anggapan bahwa fitur kamera tersebut error ataupun sering terjadi kamera tidak bisa Full Screen dan sangat disayangkan karena masalah sepele seperti ini bisa menjadi besar apabila tidak segera diatasi.

Untuk mengatasinya kamu bisa lakukan cara mencubit layar pada hp ketika ingin melakukan foto ataupun selfie, karena dengan cara mencubit pada layar handphone bisa melakukan aktivitas Zoom in dan Zoom Out kamera WhatsApp dengan sangat mudah.

5. Gunakan Kamera Bawaan


Apabila beberapa metode ataupun tutorial yang sudah saya sharing diatas masih juga belum teratasi masalah tersebut, kemungkin cara yang terakhir ini dengan menggunakan kamera bawaan HP untuk memotret merupakan cara yang paling ampuh untuk mengupload foto kamu ke story WhatsApp dengan mudah.

Penutup


Itulah beberapa metode atau tutorial yang bisa saya sharing kepada teman-teman sekalian tentang Cara Mudah Mengatasi Kamera WhatsApp tidak Full Screen yang bisa kamu terapkan sendiri mengatas permasalahan pada kamera yang tidak bisa Full Screen. Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini apabila kamu memiliki kendala atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post