Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Android Dengan Aman

Cara Kalibrasi Android Terbaru 2021

Pandroid
- Sebelumnya kami sudah memberikan sebuah tutorial mengenai cara kalibrasi di desktop, tetapi di artikel kali ini saya akan mengsharing kepada teman-teman sekalian pengguna Android tentang cara melakukan kalibrasi untuk meningkat dan daya tahan baterai. Seperti yang kita ketahui, baterai merupakan salah satu element yang sangat penting bagi kita pengguna android, karena kalau satu komponen ini tidak ada maka android tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh sebab itu, dengan seiring perjalanan waktu dan siklus pengisian daya, kinerja yang diberikan oleh baterai pastinya akan menurun.


Penurunan biasanya terjadi akibat level pada persentase daya baterai tidak sesuai dengan kondisi kapasitas baterai yang sesungguhnya. Contohnya saja ketika kamu melakukan aktivitas pada android, kamu melihat persentase pada daya baterai masih diangka 30% akan tetapi secara tiba-tiba android tersebut mati dengan sendirinya tanpa adanya notifikasi maupun informasi bahwasannya baterai akan habis. Nah, untuk mengatasi permasalah tersebut kita perlu melakukan kalibrasi pada daya tahan baterai agar lebih terjaga dan tidak terjadi masalah yang tidak kita inginkan.

Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Android Dengan Aman


Perlu diingat kembali pada saat kamu melakukan kalibrasi baterai pada sistem baterai android tidak akan meningkatkan kinerja dari baterai tersebut, tetapi hanya membantu sistem tersebut membaca status pada keakuratan persentase baterai.

Disini terdapat beberapa metode yang bisa teman-teman terapkan untuk melakukan kalibrasi pada sistem baterai android kamu, beberapa diantara metode tersebut antara lain adalah dengan menggunakan metode cara root, maupun tanpa root.

Kalibrasi Baterai Android Secara Non-Root


Berikut ini adalah tutorial bagaimana Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Non-Root dengan mudah dan aman, antara lain:
  1. Silahkan pakai android kamu sampai baterai habis secara total dan mati dengan sendirinya.
  2. Nyalakan kembali dan biarkan posisi ponsel mati kembali.
  3. Sambungkan pengisi data ke ponsel dan biarkan ponsel mengisi daya sampai layar atau indikator LED sudah menginformasikan daya 100 persen.
  4. Apabila indikator daya tidak sampai 100 persen, maka lakukan pengisian daya kembali tanpa mematikannya hingga penuh.
  5. Setelah ponsel penuh, silahkan lakukan restart dan apabila indikator tidak 100 persen maka isi kembali daya tersebut sampai pengisian mencapai 100 persen.
  6. Langkah terakhir, silahkan isi penuh daya baterai sekali lagi dan secara otomatis baterai telah selesai di kalibrasi.
  7. Selesai

Kalibrasi Baterai Android Secara Non-Root


Berikut ini adalah tutorial bagaimana Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Non-Root dengan mudah dan aman, antara lain:
  1. Masuk ke Goole Play Sote dan Install terlebih dahulu apk Battery Calibration.


  2. Setelah itu lakukan pengisian daya baterai hingga penuh 100%.
  3. Kemudian masuk ke aplikasi Battery Calibration dan klik tombol Calibrate.
  4. Nantinya kamu akan diminta izin akses Root.
  5. Secara otomatis hp kamu akan memulai proses kalibrasi dan tunggu hingga proses selesai.
  6. Selesai

Penutup


Itulah beberapa metode atau tutorial yang bisa saya sharing kepada teman-teman sekalian tentang Cara Melakukan Kalibrasi Baterai Android yang bisa kamu terapkan sendiri untuk melakukan kalibrasi pada androiddengan mudah dan aman. Mungkin sekian dulu artikel kita kali ini apabila kamu memiliki kendala atau masalah seputar artikel diatas silahkan komen dikolom komentar dibawah artikel ini.

Post a Comment

Mari berkomentar dengan sopan, harap memberikan komentar sesuai postingan, dan mohon maaf dilarang menaruh link aktif, dsb. Terima kasih :)

Previous Post Next Post