Skip to main content

Cara Aktivasi Rekening Siswa Penerima Bantuan KIP/PIP

Cara Aktivasi Rekening KIP/PIP - Dalam upaya untuk memudahkan dan meningkatkan efisiensi proses pencairan dana Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), telah diperkenalkan mekanisme baru yang memungkinkan aktivasi rekening dan pencairan dana dilakukan dalam satu kunjungan ke bank penyalur. Langkah ini diatur berdasarkan Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek (Persesjen) Nomor 20 Tahun 2021.

cara aktivasi rekening pip di aplikasi sipintar
aktivasi rekening pip online

Sebelumnya, peserta PIP harus menghadiri bank penyalur dua kali: pertama untuk mengaktifkan rekening dan kedua untuk mencairkan dana. Namun, dengan perubahan mekanisme ini, proses tersebut menjadi lebih efektif dan efisien.

Sekarang, peserta PIP langsung dapat memperoleh buku SimPel dan kartu debit ATM pada kunjungan pertama, serta mencairkan dana menggunakan kartu yang disediakan pada kunjungan tersebut. Ini merupakan langkah signifikan dalam menyederhanakan proses bagi peserta PIP, mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan.

Syarat Aktivasi Rekening untuk Siswa Penerima Bantuan KIP/PIP

Aktivasi rekening bagi siswa penerima Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) adalah langkah penting dalam memastikan akses mereka terhadap dana bantuan pendidikan. Berikut adalah persyaratan yang perlu dipenuhi untuk melakukan aktivasi rekening KIP/PIP:

Aktivasi Rekening Secara Mandiri:

  1. Identitas Diri: Peserta harus membawa identitas diri yang sah seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau Kartu Pelajar.
  2. Surat Keterangan: Untuk siswa SD, Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang menegaskan status sebagai penerima PIP diperlukan.
  3. Pendampingan Orang Tua/Wali: Bagi siswa dari jenjang pendidikan dasar, kehadiran orang tua atau wali beserta KTP dan Kartu Keluarga (KK) diperlukan saat aktivasi rekening.

Aktivasi Rekening Secara Kolektif:

  1. Surat Kuasa: Peserta atau orang tua/wali murid harus menyertakan surat kuasa yang memberikan wewenang kepada kepala sekolah untuk melakukan aktivasi rekening.
  2. Surat Keterangan Kepala Sekolah: Kepala sekolah harus menyertakan surat keterangan yang menjelaskan status siswa sebagai penerima PIP.
  3. Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPJTM): Dokumen ini harus ditandatangani oleh penerima atau kuasanya sebagai bukti tanggung jawab atas aktivasi rekening.
  4. Identitas Dirimu: Kepala sekolah atau guru yang diberi kuasa harus menunjukkan surat pengangkatan jabatan yang masih berlaku.

Catatan Penting:

  • Pastikan membawa semua dokumen yang diperlukan saat mengunjungi bank penyalur.
  • Persyaratan dapat bervariasi tergantung pada bank penyalur dan regulasi yang berlaku.

Dengan memenuhi persyaratan ini, siswa dan keluarganya dapat dengan lancar melakukan aktivasi rekening dan mengakses dana bantuan PIP untuk mendukung pendidikan mereka.

Cara Aktivasi Rekening Siswa Penerima Bantuan KIP/PIP

Aktivasi rekening bagi siswa penerima Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) adalah tahap penting dalam proses pengaksesan dana bantuan yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud). Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan aktivasi rekening KIP/PIP:

1. Persiapan Dokumen:

Sebelum menuju ke bank penyalur, pastikan Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen berikut:

  • Identitas Diri: Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau Kartu Pelajar.
  • Surat Keterangan: Surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menegaskan status sebagai penerima PIP (khususnya untuk siswa tingkat SD).
  • Dokumen Pendampingan: Untuk siswa SD, diperlukan kehadiran orang tua atau wali beserta Kartu Keluarga (KK).

2. Kunjungi Bank Penyalur:

Berdasarkan jenjang pendidikan Anda, tentukan bank penyalur yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud. Untuk siswa SD/SMP/SMK/Paket A/Paket B/Kursus, bank penyalurnya adalah BRI. Sedangkan untuk siswa SMA/Paket C, bank penyalurnya adalah BNI.

3. Isi Formulir Pembukaan Rekening:

Saat Anda sudah berada di bank penyalur, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening SimPel yang telah disediakan oleh petugas bank.

4. Proses Aktivasi Rekening:

Selama proses aktivasi rekening, pastikan Anda mengikuti instruksi dari petugas bank dengan seksama. Mereka akan memeriksa dokumen-dokumen yang Anda bawa dan memandu Anda melalui proses aktivasi dengan tepat.

5. Tunggu Pengiriman Buku dan Kartu Debit:

Setelah proses aktivasi selesai, Anda akan menerima buku SimPel dan kartu debit yang dapat digunakan untuk menarik dana di ATM atau melalui teller bank.

6. Pastikan Mematuhi Persyaratan Dokumen:

Perhatikan bahwa persyaratan dokumen dapat bervariasi tergantung pada kebijakan bank penyalur. Pastikan Anda telah membawa semua dokumen yang diperlukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan berhasil melakukan aktivasi rekening dan dapat mengakses dana bantuan KIP/PIP dengan lebih mudah. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas bank atau pihak yang berwenang.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar